Blog Archives

Kebun Teh Nglinggo atau tanah Misi

Kebun Teh Nglinggo
Terletak di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Berada di ketinggian sekitar 800 m dpl, tempat ini sangat sejuk dan pemandangan alamnya sangat indah dengan bukit-bukit yang menjulang di sekitarnya. Disebut Juga Tanah Misi.

Ucapan yang pertama ketika tiba di Lokasi, Subhanallah Indahnya Ciptaan Allah. Didukung Penduduk yang ramah, Pemandangan yang menakjubkan yang jauh dari kota. Disana Juga Masih Ada Orang Penyampai Surat JoyoBoyo, Primbon, dll.

Lokasi
            Lokasi kebun teh ini berbatasan dengan kabupaten Magelang di sebelah utara dan kabupaten Purworejo di sebelah barat perbukitan.

Lokasinya yang berada di pegunungan menorah, Suasana yang sepi, sejuk (bahkan mungkin dingin bila pagi hari), di tambah dengan suara kicauan satwa2 liar yang ada di sekitar lokasi kebun teh, menambah asyiknya lokasi kebun teh ini. Route yang dapat diambil untuk menuju lokasi kebun teh yaitu bila anda dari kota jogja, anda bisa melewati jalan godean ke arah barat, hingga bertemu perempatan kentheng nanggulan, kenudian ambil kanan(arah utara) hingga bertemu dengan perempatan dekso kalibawang (patung garuda). bila anda dari arah wates, anda bisa ambil arah ke nanggulan dan menuju dekso. Untuk yang dari magelang, bisa ambil jalur muntilan menuju perempatan dekso kalibawang. dari perempatan dekso ambil arah barat(menuju arah pagerharjo). ikuti saja jalannya sekitar 30km. hingga bertemu daerah totogan ( bila ambil kanan menuju obyek wisata puncak suoroloyo) ambil arah lurus menuju daerah purworejo. sampai di pertigaan plono, ambil arah kanan (naik ) ikuti jalannya maka akan sampai ke lokasi kebun teh nglinggo, pagerharjo, samigaluh, kulon progo, yogyakarta. Bila anda mengalami kesulitan, maka anda bisa bertanya kpd penduduk sekitar, karena penduduk disana sangat ramah2. bila anda sopan, maka mereka tak segan2 untuk memeberikan informasi sejelas2nya kpd anda.

1 / 3

Menikmati Dinginnya Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Di Kulon Progo, Yogyakarta

Selamat datang di Air Terjun Grojogan Watu Jonggol. Ya, setelah menghabiskan waktu berkutat dengan pekerjaan dan pelajaran, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Menikmati air terjun akan selalu memberikan kesegaran kepada para penikmatnya. Bukan hanya itu, semua orang pasti akan suka melihat keindahan alam yang masih sangat natural dan tentu sulit untuk didapatkan saat kita menghuni kota besar. Bermain-main dibawah guyuran Air Terjun Grojogan Watu Jonggol dapat menjadi pilihan anda akhir pekan ini.

Air terjun yang akan kita nikmati ini berada sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Karena suasana disekitar air terjun masih sangat alami, maka hawa sejuk dan nyaman dapat langsung dirasakan setelah menjejakkan kaki di lokasi. Karena Air Terjun Grojogan Watu Jonggol ini berada di pegunungan, maka anda pun masih bisa mendapati pohon-pohon lebat yang tumbuh subur disana. Jadi, anda pun dapat berteduh dan ‘ngadem’ sambil bermain-main air dingin disela-sela batuan.

Secara umum, Air Terjun Grojogan Watu Jonggol ini menawarkan suasana tenang yang dapat dinikmati oleh siapapun. Dan karena lokasi ini masih minim fasilitas, maka anda pun harus berhati-hati karena akses menuju ke lokasi Air Terjun Grojogan Watu Jonggol ini tergolong curam dan cukup menantang. Hanya saja, semua usaha dan keringat yang mengucur dapat tergantikan saat memandang pesona air terjun yang berdiri kokoh dikelilingi oleh tebing dan pohon-pohon lebat disekitarnya. Itulah Air Terjun Grojogan Watu Jonggol.

Bagaimana Untuk Dapat Menikmati Air Terjun Grojogan Watu Jonggol?

Air Terjun Grojogan Watu Jonggol terletak sekitar 42 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Waktu tempuhnya kira-kira 1,5 – 2 jam perjalanan dari Yogyakarta. Jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda dapat melewati Jalan Godean. Anda dapat mengambil jalan lurus terus hingga sampai di Kali Progo. Setelah melewati perempatan Kenteng, anda dapat mengambil arah ke kanan hingga sampai ke perempatan Dekso.

Dari sini, anda dapat mengambil arah ke kiri. Arah ini juga sama dengan arah ke Air Terjun Sidoharjo. Hanya saja, jika Air Terjun Sidoharjo berbelok ke kanan saat anda melihat plang MTS Negeri Sidoharjo. Namun, arah ke Air Terjun Grojogan Watu Jonggol tetap mengambil jalan lurus. Mulai dari sini, infrastrukturnya semakin tidak bersahabat karena anda akan melewati tanjakan yang tinggi, banyak kelokan tajam, serta jalan aspal yang tidak mulus.

Tapi, demi mendapatkan Air Terjun Grojogan Watu Jonggol, anda pun harus bersabar dan harus tetap melanjutkan perjalanan hingga menemukan plang petunjuk ke Desa Pagerharjo. Dari sini, anda dapat mengambil jalan lurus. Setelah itu, anda akan menemui SMP 2 Samigaluh. Lanjutkan saja perjalanan anda hingga menemukan pertigaan Plono. Dari pertigaan ini, anda dapat mengambil arah ke kanan dengan ditemani jalanan aspal yang kian menyempit dan semakin menanjak karena memang lokasi Air Terjun Grojogan Watu Jonggol berada di pergunungan.

Setelah berjalan selama 10 – 15 menit, jarak anda pun akan semakin dekat dengan air terjun yang sedang anda cari. Dan karena tempat wisata ini memang masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah, maka jangan heran jika fasilitas yang anda nikmati pun masih minim, contohnya adalah tempat parkir. Jika anda mengunjungi tempat wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol, anda dapat menitipkan kendaraan anda ke rumah warga. Tarifnya pun seikhlasnya saja alias tarif kompromi dengan warga.

Akhir Dari Perjuangan Menuju Ke Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Setelah menitipkan kendaraan di rumah warga, anda pun harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun. Disini, fisik anda harus ekstra kuat mengingat medan yang akan anda lalui memang curam dan cukup ‘kejam’ walaupun sudah ada jalan setapak. Hanya saja, jalan ini licin dan kanan kirinya masih rimbun ditumbuhi oleh ilalang, serasa seperti sedang berpetualang di hutan. Namun, disinilah keasyikan menikmati perjalanan ke Air Terjun Grojogan Watu Jonggol karena suasananya masih sangat alami dan apa adanya. Setelah berjalan sekitar 10 – 15 menit, perjuangan anda dalam menembus ilalang pun dapat terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah dan menjulang tinggi sambil menghamburkan airn ke segala penjuru ditangkap oleh batu dan pohon dibawahnya.

Jika anda amati baik-baik, mungkin air terjun ini sama saja dengan air terjun lainnya, hanya saja bentuk dari Air Terjun Grojogan Watu Jonggol sedikit tidak lazim karena kanan kirinya ditumbuhi oleh pohon yang lumayan lebat. Selain itu, air terjunnya tergolong deras dan debit airnya cukup tinggi walaupun tidak sedang hujan dan langsung mengalir ke sungai yang ada dibawahnya.

Disini, anda juga dapat merasakan air yang lumayan dingin dan segar sekaligus dikelilingi oleh batu dengan tumbuhan hijau disekitarnya. Hal ini semakin mempermanis dan mempercantik suasana di sekitar air terjun karena kondisinya yang masih sangat alami. Namun, anda harus tetap berhati-hati saat menuruni bebatuan karena disini banyak sekali batu-batuan besar dan tergolong sempit bila anda berniat untuk menyusuri aliran air terjunnya.

Dan karena airnya tergolong cukup dingin, mungkin anda harus segera naik ke atas jika tidak ingin kedinginan. Setelah bermain-main dengan air, anda pun dapat mengabadikan Air Terjun Grojogan Watu Jonggol yang bertinggi sekitar 60 meter ini dan juga pemandangan yang ada disekitarnya. Kalau hari biasa, tempat ini masih sepi dan sedikit sekali pengunjungnya. Jika air terjun ini dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Pesona Curug Sidoharjo Di Pegunungan Menoreh

Banyak Wisatawan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru dengan mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda jenuh dengan kemacetan yang terjadi di kota ini akibat banyaknya wisatawan datang , tak ada salahnya mampir ke obyek wisata Curug Sidoarjo yang berada di Kawasan Pegunungan Menoreh , tepanya di Desa Sidoharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Curug ini sekitar 40 kilometer dari kota Wates.Di Curug ini , anda dapat menikmati keindahan air terjun . Obyek Wisata ini, masih alami dan menawarkan keindahan alam yang eksotis di ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut. Air yang mengalir sangat segar dan udara di sekitarnya sangat sejuk, ditumbuhi bunga-bunga liar nan cantik. Namun bila musim kemarau aliran air terjun nampak sedikit , maka ada baiknya datang ketika musim penghujan karena airnya sangat melimpah.

Obyek Wisata Curug Sidoharjo ini, belum banyak dikenal wisatawan karena letaknya memang cukup jauh dari jalan utama. Sedangkan kendaraan tidak bisa sampai lokasi , melainkan dititipkan di halaman rumah-rumah penduduk sekitar . Wisatawan dapat memanfaatkan jalanan setapak yang dibuat warga.Untuk menuju ke Curug Sidoarjo ini , bisa ditempuh melalui jalur Dekso-Samigaluh setelahnya menuju Desa Sidoharjo. Berwisata alam sambil menjelajah alam bisa jadi alternatif liburan anda .